Komputer
mengolah data secara digital, yaitu melalui sinyal listrik yang diterimanya
atau dikirimkannya. Pada prinsipnya, komputer hanya mengenal dua arus, yaitu on
atau off, besar atau kecil, atau istilah dalam angkanya sering juga
dikenal dengan 1 (satu) atau 0 (nol). Data-data yang di-input, di-proses
dan disimpan dalam komputer atau media penyimpanan hanyalah kombinasi dari arus
on atau (1) dan arus off atau (0). Kombinasi-kombinasi dari dua hal
ini kemudian diterjemahkan lagi sebelum dikeluarkan ke media output sesuai
dengan bahasa yang dapat dimengerti oleh manusia seperti huruf, gambar,
suara, bahkan film-film menarik yang ditonton dalam format digital.
Bilangan
Biner
Representasi
data dalam komputer yang hanya terdiri dari 2 kombinasi on (voltage
rendah) dan off (voltage tinggi) sering pula dinyatakan dengan
angka 1 mewakili on dan 0 untuk off. Dua kombinasi
angka ini sering dikenal dengan bilangan biner.
Operasi
aritmatika yang biasa dilakukan dalam perhitungan pada bilangan desimal
penjumlahan dan pengurangan juga dapat diterapkan pada bilangan
biner. Operasi aritmatika pada billangan biner yang hanya diwakili
dengan kombinasi arus listrik on dan off dapat dilakukan dengan
fungsi aljabar boolen (gerbang logika).
Konsep
Bilangan Biner dan Desimal
Perbedaan
mendasar dari metoda biner dan desimal adalah berkenaan dengan basis. Jika
desimal berbasis 10(X10) berpangkatkan 10x, maka untuk bilangan biner
berbasiskan 2(X2) menggunakan perpangkatan 2x. Sederhananya perhatikan
contoh di bawah ini!
Aritmatika
Biner
Pada bagian
ini akan membahas penjumlahan dan pengurangan biner. Perkalian biner adalah
pengulangan dari penjumlahan; dan juga akan membahas pengurangan biner
berdasarkan ide atau gagasan komplemen.
Aritmatika
Biner Dengan Gerbang Logika
Aturan
diatas dikerjakan berdasarkan pada aturan dan logika manusia, pekerjaan seperti
ini tidak dapat dilakukan oleh peralatan elektronik, namun dengan peralatan
elektronik yang hanya mengenal arus listrik, ON dan OFF atau Tegangan Besar dan
Kecil yang diwakili dengan angka 0 dan 1 seperti yang dijelaskan sebelumnya,
maka aturan pengurangan yang dilakukan oleh manusia dapat diatur sedemikian
rupa ke peralatan elektronik dengan pensaklaran yang disering dikenal dengan
gerbang logika.
Gerbang
logika atau sering juga disebut gerbang logika Boolean merupakan sebuah sistem
pemrosesan dasar yang dapat memproses input-input yang berupa bilangan biner
menjadi sebuah output yang berkondisi yang akhirnya digunakan
untuk proses selanjutnya. Gerbang logika dapat mengkondisikan input -
input yang masuk kemudian menjadikannya sebuah output yang sesuai
dengan apa yang ditentukan olehnya.
Alur
pemrosesan data
Input
>>> i/o >>> proses >>> memori >>> storage
>>> memori >>> proses >>> i/o >>> output
Keterangan:
Input : data
yang akan di proses atau dibuat.
I/O : Input
/ Output.
Proses :
Pengolahan data yang dimasukkan.
Memori :
Tempat menyimpan data sementara pada saat data diproses.
Storage :
Tempat menyimpan data secara permanen seteah diproses.
Output :
Hasil dari proses yang berupa tampilan, suara, cetakan
Sistem
komputer memiliki siklus pengolahan yang pasti. Siklus pengolahan itu sendiri
mengacu kepada makna dari arti komputer itu sendiri. Ada tiga pokok dalam
siklus pengolahan data dengan menggunakan komputer tersebut, yaitu input,
proses, dan output. Sedangkan untuk proses sendiri, pemroses dibantu oleh
beberapa bagian lain, yaitu program serta penyimpan (storage). Agar data dapat
diterima oleh komputer dengan baik, komputer memiliki peralatan yang berfungsi
untuk hal ini, yang disebut dengan input device . Proses Setiap masukan yang
disampaikan kepada komputer akan masuk ke pemroses, pemroses ini dikenal juga
dengan nama processor . Pemroses ini bisa disebut dengan otaknya komputer.
Pemroses ini akan menentukan akan diapakan informasi yang masuk tersebut.
Ketentuan yang telah disusun ini adalah instruction set. Instruction set
ini merupakan format baku perintah yang dapat dilaksanakan oleh pemroses.
Pemroses memiliki hubungan dengan media input, program, storage serta media
output. Program merupakan kumpulan instruction set yang akan dijalankan oleh
pemroses, yaitu berupa software. Program inilah yang mengendalikan semua
aktifitas yang ada pada pemroses. Program berisi konstruksi logika yang dibuat
oleh manusia, dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa mesin sesuai dengan
format yang ada pada instruction set. Storage dalam menjalankan proses, selain
proses diatur oleh program, pemroses juga memiliki akses ke media penyimpan
yang disebut dengan storage. Storage ini berfungsi untuk menyimpan berbagai
informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi pemroses, baik untuk
penyimpan sementara maupun untuk jangka panjang. Proses untuk mengambil data
atau menyimpan data pada storage ini dilaksanakan oleh pemroses sesuai dengan
perintah yang diterima pemroses dari program yang sedang ia jalankan. Output
Merupakan aktifitas menerima data dari hasil pengolahan pada bagian pemroses. Jika
terdapat data pada aktifitas output ini, berarti pemroses menyerakan tugas
selanjutnya kepada bagian ini. Tentu saja pada bagian ini diperlukan juga
peralatan yang bekerja, dimana peralatan terebut disebut dengan output device.
Cara Kerja computer
memori
Di sistem
ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel"),
masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Setiap slot mungkin berisi salah
satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi
perintah.
Memori
menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum
berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang
mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf
F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu
metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan
gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa
disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum,
memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan
sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada
buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
- pemrosesan (CPU)
Unit
Pengolah Pusat atau CPU berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan
pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau
peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan
storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Contoh
sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan
menunjukkan kaki-kakinya.
Dalam
arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan
Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini
terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya
disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit
Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan
pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan
semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan
(misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit
inilah dilakukan "kerja" yang nyata.
- input dan hasil
I/O
membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil
kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy).
Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive,
ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan
sebagainya.
Yang
dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode
(mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih
lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam
informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini,
sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
- instruksi
Perintah
yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer
hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan
baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi
sel 123, dan tempat tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke
sel 042, dan tempat akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999 adalah
0, perintah berikutnya anda di sel 345".
Instruksi
diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin
menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh
komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam praktiknya,
orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa
mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yang kemudian
diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer
khusus (interpreter dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat
dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain,
bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail
pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
- arsitektur
Komputer
kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang
dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori komputer
ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang
menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem
(misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa
komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka
mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih
lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian
dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas,
tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
- program
Program
komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali
dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan
banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer pribadi
modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah
dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat
kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan
perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai, "programmer."
"Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas
biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah
itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer
kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke
sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan perintah dari satu
program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih ke program kedua dan
melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke
sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat ganda
yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu CPU di antara program.
Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan.
Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan.
- sistem opersi
Sistem
operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam
kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program
komputer, setelah bertahun-tahun, programer akhirnya menmindahkannya ke dalam
sistem operasi.
Sistem
operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana
(seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan
servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer
untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari
semua alat elektronik yang terhubung.
Kecepatan proses :
–
Clock : Hertz
–
Siklus mesin :Fetch, decode, execute
–
MIPS (Millions of Instructions Per Second)
–
MFLOATS (Millions of Floating point Per Second)
Faktor yang mempengaruhi kecepatan proses
1.
-Register
menyimpan
instruksi selama proses berjalan, ukuran sesuai dengan jumlah data yang dapat
diproses dalam saty waktu (Reg ukuran 32 bit berarti dapat memproses 4 byte
data dalam satuan waktu
2.
-RAM
semakin
besar RAM maka semakin banyak data yang disimpan sehingga akses ke data lebih
cepat (dibandingkan dengan mengakses ke Secondary Storage). Jika ukuran
aplikasi besar dan tidak cukup untuk diload sekalian ke dalam memori maka
dilakukan proses segmentasi dan swapping (pemindahan data dari memory ke
storage)
3.
-CPU clock
semakin
tinggi clock CPU maka semakin cepat / semakin banyak perintah yang dapat
dieksekusi
4.
-Bus / datapath
menentukan
besarnya data yang dapat ditransmisikan antara CPU dan device yang lain. (
seperti jalan raya)
5.
-Cache memory
semakin
cepat, dan besar cache maka proses akan menjadi lebih cepat
0 Response to "REPRESENTASI DATA KOMPUTER"